Jumat, 04 Agustus 2017

PROSES TERJADINYA WABAH PENYAKIT PADA IKAN


Wabah penyakit merupakan suatu rangkaian proses yang terjadi dalam beberapa tahap, yaitu;
1.        Infeksi
Masuknya agen penyakit (patogen) ke tubuh udang. Infeksi tidak selalu ditandai dengan gejala klinis dn kematian, namun meningkatkan resiko terjadinya wabah bila kondisi kesehatan udang menurun dan patogen terfasilitasi untuk berkembangbiak.
2.        Masa laten
Periode dimana sistem imun udang dapat mengontrol perkembangan patogen sehingga gejala klinis (sakit) tidak terjadi. Masa laten ini sangat tergantung pada jenis patogen yang menginfeksi dan kehadiran faktor pemicu dalam proses budidaya.
3.        Perkembangan penyakit
Kondisi dimana patogen berkembang biak dan melampui kemampuan kontrol sistem imun udang. Tahap ini ditandai dengan mulai munculnya gejala klinis seperti melemahnya kondisi udang, dan pada tahap lanjut muncul otot yang memutih (pada IMNV) atau badan memerah dan bintik putih (pada WSSV), serta berakhir dengan kematian udang. Kecepatan perkembangan penyakit juga sangat tergantung pada jenis patogen dan keberadaan faktor pemicu.
4.        Wabah
Meningkatnya kematian udang dalam populasi kolam yang dipicu oleh menyebarnya infeksi dan perkembangan penyakit pada populasi udang. Perlu dicatat bahwa faktor utama  yang emmpercepat wabah adalah terjadinya kanibalisme, yaitu udang sehat mengkonsumsi udang yang mati akibat penyakit bersangkutan. Kanibalisme memperpendek masa laten karena udang yang sehat akan terpapar patogen dalam jumlah yang sangat banyak.

Sumber: Susanto, Y. 2013. Budidaya Cerdas dengan Manajemen Kesehatan Udang. Buletin Aquaculture, Informasi dan Teknologi. Halaman 1-2.