Rabu, 03 April 2013

IKAN GURAME (Osphronemus gouramy)

Gambar 1. Gurame (Osphronemus gouramy)
1.        Deskripsi Gurame
Ikan gurame (Osphronemus gouramy) adalah salah satu ikan air tawar yang sangat populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini umumnya dikenal dengan nama gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame; grameh; kalu; ikan kali dan lain-lain.
Ikan gurame memiliki tubuh yang lebar dan pipih. Panjang tubuh 2,0-2,1 kali tinggi tubuh; panjang tubuh total  bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Rumus sirip punggung (dorsal) XI-XIV (jari-jari keras atau duri) dan 12-14 (jari-jari lunak); sementara sirip dubur (anal) X-XI dan 20-23.
Gurame adalah hewan omnivora dengan pola makan yang unik. Saat masih kecil, gurame cenderung bersifat karnivora dengan memakan kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, blood worm dan hewan kecil lainnya. Saat menginjak remaja, mereka lebih menyukai makan dedaunan seperti daun keladi/talas/sente, daun pepaya, kangkung, daun singkong, daun ubi jalar dan daun-daun lainnya.
2.        Klasifikasi Ikan Guame
Klasifikasi ikan gurame adalah sebagai berikut:
·           Kingdom       : Animalia
·           Filum       :Chordata
·           Kelas             : Actinopterygii
·           Ordo             : Perciformes
·           Famili            : Osphronemidae
·           Genus            : Osphronemus
·           Spesies          : Osphronemus goramy

3.        Perbedaan Ikan Gurame Jantan dan Betina
Gambar 2a. Gurame Betina
Gambar 2b. Gurame Jantan

Perbedaan antara gurame jantan dan betina yaitu:
·           Ikan gurame betina : sirip ekor melengkung/membulat, dahi rata, bibir bawah proposional dan dasar sirip dada gelap/berwarna kehitaman.
·           Ikan gurame jantan : sirip ekor datar/rata, dahi menonjol/jenong (nuchal hump), bibir bawah/rahang tebal dan dasar sirip dada terang/berwarna keputihan.

4.        Jenis-Jenis Ikan Gurame di Indonesia
Saat ini ikan gurame mempunyai banyak ras atau strain. Adapun ciri-ciri dari beberapa strain ikan gurame adalah sebagai berikut :
·           Gurame Angsa
Karakteristik ikan gurame angsa adalah memiliki panjang tubuh sampai dengan 65 cm dan berat tubuh bisa mencapai 6-12 kg per ekor. Warna tubuh abu-abu dengan sisik relatif lebar. Di daerah sunda biasa dikenal sebagai gurame soang atau gurame galunggung.
·           Gurame Bastar
Gurame bastar memiliki tubuh agak kehitaman tetapi warna kepalanya putih. Bentuk sisik nya agak lebar, laju pertumbuhannya termasuk cepat namun jumlah telur yang dihasilkan tidak terlalu banyak hanya 2.000-3.000 butir setiap kali pemijahan.
·           Gurame Batu
Gurame batu memiliki warna hitam dengan sisik yang kasar. Pertumbuhannya cenderung lambat dibandingkan jenis yang lain. Beratnya hanya mencapai 0,5 kg dalam waktu 13 bulan semenjak menetas.
·           Gurame Bluesafir
Gurame bluesafir memiliki ciri fisik hampir sama dengan gurami yang lain namun memiliki warna merah muda cerah. Berat maksimum mencapai 2 kg per ekor. Produktivitas telurnya mencapai 5.000-7.000 butir.
·           Gurame Jepang
Gurame Jepang atau nama lainnya adalah gurami jepun, panjang tubuh gurame ini lebih pendek dibandingkan gurame angsa. Selain itu memiliki warna tubuh abu-abu kemerahan terutama ada ujung sirip-siripnya serta bentuk sisik kecil dan berat mencapai 3.5 kg dan panjang maksimal 45 cm.
·           Gurame Kapas
Gurame kapas memiliki warna putih keperakkan, mirip kapas dengan bentuk sisik yang cukup besar. Gurame jenis ini dapat tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai 1 kg dalam waktu sekitar 13 bulan semenjak menetas. Produktivitas telurnya bisa mencapai 3.000 butir setiap kali pemijahan.
·           Gurame Paris
Gurame ini memiliki warna merah muda cerah tetapi kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam diseluruh tubuh. Berat maksimum mencapai 1,5 kg, dengan produktivitas telur mencapai 5.000-6.000 butir.
·           Gurame Porselen
Gurame perselen, memiliki warna merah muda cerah dengan ukuran kepala relatif kecil. Keunggulannya adalah dalam menghasilkan telur jumlahnya bisa mencapai 10.000 butir setiap kali pemijahan. Gurame jenis ini adalah yang paling sering dicari sebagai benih unggul. Berat induknya mencapai 1,5-2 kg.